Gunung Rinjani

_MG_7398

Nama Rinjani sudah menggema lama di telinga saya. Banyak yang mempredikatkan gunung tersebut sebagai gunung terindah di Indonesia. Pantas saja lah, gunung yang juga menjadi gunung berapi yang tertinggi kedua di Indonesia itu punya banyak keistimewaan. Mulai dari keindahan savana Sembalun yang dimilikinya yang selalu saja membuat mata terpesona, disamping itu sejarah panjangnya hingga terbentuklah Danau Segara Anak yang begitu cantik di kalderanya, sampai cerita-cerita unik tentang keramahan porter-porter Rinjani yang  jago masak dan punya langkah seperti kuda serta kekuatan seperti unta. Semua bakal dibahas secara tuntas dalam catatan perjalanan ini berdasarkan fakta dan pengalaman yang telah saya dapatkan setelah akhirnya kesampaian juga mendaki gunung dengan sejuta pesona itu.

Perjalanan itu sudah saya nanti-nantikan sejak lama. Semua tentunya bakal dipersiapkan secara matang demi long trip itu. Mulai dari susun jadwal sampai pemanasan mendaki Rinjani dengan nanjak Gunung Bawakaraeng seminggu sebelum keberangkatan. Sempat juga nyari kenalan orang Lombok asli biar ntar bisa jadi guide waktu disana.

IMG_1579

Dari info yang saya dapat, Gunung Rinjani dulunya sempat memiliki ketinggian ±5.000 mdpl pada masa Pleistosen. Oiya, Rinjani punya nama purba Gunung Samalas. Jenjang selanjutnya di masa yang sama terjadi erupsi dasyat yang pertama. Di jenjang ketiga mulai terbentuklah kaldera 7×6 km berbentuk elips akibat letusan paroksisma sekitar abad ke-13 berdasarkan data baru oleh Akira Takada dan Frank Lavigne. Jenjang keempat terbentuklah kerucut Rinjani muda di sisi timur kaldera diikuti letusan di abad ke-13. Hingga akhirnya di jenjang ke-5 kaldera tersebut terisi air dan terciptalah danau Segara Anak yang bisa kita nikmati keindahannya saat ini. Selain danau berwarna hijau tosca itu, terbentuk pula anak gunung Rinjani yang masih memperlihatkan aktifitas kegunungapiannya. Namanya Gunung Baru Jari yang bisa kita lihat dengan sangat jelas jika kita sudah berada di tepian Danau Segara Anak mau pun di Puncak Rinjani yang punya ketinggian 3.726 mdpl itu. Gunung Baru Jari tersebut punya elevasi 2.376 mdpl dan konon bisa jadi makin tinggi karena aktifitas vulkaniknya. Selain Gunung Barujari, aktifitas Rinjani juga menciptakan satu kerucut baru yang dinamakan Gunung Rombongan setinggi 2.110 mdpl. Kemunculannya diawali dengan gempa yang setara dengan 273,8 kali bom atom. Gempa itu disusul dengan kepulan asap dan hujan abu selama 7 hari pada tanggal 23-30 Desember 1944.

ARDI3343

Setelah melalui perjuangan melawan ngantuk, dingin, capek, debu pasir, dan juga jalur pendakian yang tipis kanan kiri jurang. Akhirnya tepat sebelum sunrise kami berhasil menginjakkan tanah tertinggi Kepulauan Nusa Tenggara itu. Agak di bawahnya dikit sih sebenarnya karena pagi itu Puncak Rinjani udah penuh banget pendaki. Luas dataran di puncak gak luas-luas banget, malah itungannya sempit menurutku. Jadinya kami standby di dataran yang agak rendah dikit dari puncak. Sembari menunggu mentari terbit, kami sholat subuh dulu. Itu menjadi salah satu subuh yang istimewa. Subuh yang dinaungi Puncak Rinjani dan berhadapan dengan Danau Segara Anak

555e4f8e0423bdcc6b8b456a

Leave a comment